Home / Daerah / Kesehatan

Rabu, 6 September 2023 - 16:37 WIB

KAI Berikan Layanan Kesehatan Gratis Rail Clinic Sekitar Stasiun Daru

Jakarta, MediaPers,- Kereta kesehatan milik PT KAI atau yang disebut Rail Clinic kembali memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Pembuatan Rail Clinic dilatar belakangi oleh semangat PT KAI untuk memberikan pelayanan lebih kepada masyarakat dengan memanfaatkan jalur KA sehingga dapat menembus daerah yang sulit dijangkau kendaraan bermotor.

Rail Clinic hadir kembali, Rabu (6/9/2023) setelah 3 tahun tidak dilaksanakan karena dampak pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia termasuk Indonesia.

Kali ini, pelayanan kesehatan gratis Rail Clinic hadir di Stasiun Daru, Desa Daru, Kecamatan Jambe, Kabupaten Tangerang, Banten.

Selain pelayanan kesehatan gratis, akan dibagikan pula 22 kacamata gratis kepada siswa SDN 1 Daru, selain itu ada sosialisasi tentang keselamatan perjalanan kereta api di wilayah PT KAI Daop 1 Jakarta, khususnya di lintas Tanah Abang–Rangkasbitung, serta pembagian 200 paket sembako bagi warga setempat.

Berbagai layanan yang didapatkan oleh pengunjung Rail Clinic di Stasiun Daru antara lain: pemeriksaan kesehatan umum, pemeriksaan kesehatan gigi, pemeriksaan kesehatab ibu hamil oleh para bidan dan dr. Spesialis Obgyn, pemeriksaan laboratorium sederhana, pemeriksaan mata, serta penyuluhan kesehatan gigi dan mulut bagi anak-anak.

Baca Juga   Layanan Kesehatan yang Ditanggung BPJS Kesehatan, Wajib Tahu, Penting

Sebelumnya, KAI Daop 1 Jakarta juga telah melaksanakan fogging di area pelaksanaan Rail Clinic agar nyaman dan sehat bagu para pengunjung dan petugas kesehatan yang bertugas.

Deputy EVP Bidang Pelayanan dan Komersial Daop 1 Jakarta Ali Afandi menjelaskan, bahwasanya Rail Clinic ini dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian sosial PT KAI terhadap masyarakat, terutama yang berada di wilayah kerja KAI Daop 1 Jakarta.

Ali Afandi berharap semoga kegiatan Rail Clinic dapat meningkatkan taraf kesehatan masyarakat, serta menambah pengetahuan dan kesadaran tentang pentingnya menjaga kesehatan dan berkolaborasi menjaga keselamatan perjalanan kereta api melalui sosialisasi yang juga diberikan dalam kegiatan tersebut.

“Dalam kegiatan ini, tim Unit Kesehatan PT KAI Daop 1 Jakarta bekerjasama dengan tenaga kesehatan, bidan dan dokter TNI AL, Rumah Sakit Provider dan Puskesmas Daru. Secara total, Rail Clinic di Daru kali ini menargetkan dapat memberikan pelayanan kesehatan kepada 300 orang, dimana sebelumnya telah dilakukan pendataan dan pendaftaran kepada masyarakat,” kata dia, Selasa (4/9/2023).

Baca Juga   KST Tewas di Ilaga Setelah diburu Satgas Mobile Raider 300 Siliwangi

Pada kegiatan kali ini, PT KAI menyiagakan tim kesehatan sebanyak 29 personil, terdiri dari 4 dokter umum, 1 dokter gigi, 1 dokter kandungan, 2 bidan, 2 tenaga optik, 2 tenaga laboratium, 15 perawat umum, dan 2 apoteker.
Hadir juga selama kegiatan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang dr. Achmad Muchlis, Dirjianstraop Seskoal TNI AL Kolonel Laut Jales Jamca Jayamahe,CTMP., M.Tr. Opsla, Kasatkes Seskoal TNI AL dr. Landosar Parsaulian Sp. Anestesi, Camat Jambe Chaidir dan jajaran Muspica.

Selain menghadirkan Rail Clinic, PT KAI Daop 1 Jakarta juga menghadirkan Rail Library yang terangkai menjadi satu rangkaian Rail Clinic Generasi 4, dimana didalamnya terdapat perpustakaan manual dengan beragam buku untuk anak – anak dan juga pengetahuan umum untuk dewasa.

“Masyarakat yang ingin menambah berbagai pengetahuan dengan membaca dapat mengunjungi kereta ini secara gratis. Selain buku/buku, juga tersedia berbagai fasilitas modern seperti e-library atau perpustakaan digital berupa enam buah monitor layar sentuh dengan database berbagai bacaan, video edukatif, dan lagu anak-anak,” pungkasnya. ( vid/red)

Share :

Baca Juga

Kesehatan

Aleenahoz Beauty SPA Meramaikan di Pameran HKN 2023

Kesehatan

Mata Sehat, Produktivitas Terjaga
Pemkab Cilacap Gelar Kontes dan Expo Ternak Serta Vaksinasi Rabies Gratis

Daerah

Pemkab Cilacap Gelar Kontes dan Expo Ternak Serta Vaksinasi Rabies Gratis
Satuan Kostrad Kota Malang Laksanakan Pemeriksaan Serentak di Menarmed 2 Kostrad

Daerah

Satuan Kostrad Kota Malang Laksanakan Pemeriksaan Serentak di Menarmed 2 Kostrad
Prajurit Kodam I/BB Temukan Ladang Ganja

Daerah

Prajurit Kodam I/BB Temukan Ladang Ganja
KST Tewas di Ilaga Setelah diburu Satgas Mobile Raider 300 Siliwangi

Daerah

KST Tewas di Ilaga Setelah diburu Satgas Mobile Raider 300 Siliwangi
Pj. Bupati Kukuhkan Pengurus Dewan Pendidikan Cilacap Periode 2023-2028

Daerah

Pj. Bupati Kukuhkan Pengurus Dewan Pendidikan Cilacap Periode 2023-2028
Pengoperasian Kereta Cepat Ditargetkan Mulai 1 Oktober 2023

Daerah

Pengoperasian Kereta Cepat Ditargetkan Mulai 1 Oktober 2023