Home / Nasional

Jumat, 28 Juni 2024 - 18:31 WIB

Dirjen Pemasyarakatan dan Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Menerima Kunjungan Delegasi Parlemen Thailand di lapas Narkotika Kelas IIA Jakarta

Jakarta, Mediapers.com,- Dirjen Pemasyarakatan dan kanwil kemenkumham DKI Jakarta kedatangan tamu istimewa dari Negeri Gajah Putih. Delegasi Komite Pengarah Bidang Pembangunan Politik, Komunikasi Massa dan Keikutsertaan Masyarakat, Dewan Perwakilan Kerajaan Thailand, dipimpin oleh Mr. Parit Wacharasindhu, melakukan kunjungan studi. Jumat (28 Juni 2024).

Kunjungan disambut oleh Sekertaris Direktorat Jendral Pemasyarakatan Supriyanto, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta R. Andika Dwi Prasetya, Kalapas Narkotika Jakarta, Fonika Affandi, beserta Kepala UPT Pemasyarakatan se DKI Jakarta beserta jajaran pejabat struktural.

Dalam sambutannya, R. Andika Dwi Prasetya menyampaikan selamat datang kepada Delegasi Thailand dan mengapresiasi kunjungan ini sebagai bentuk penguatan kerjasama antar lembaga pemasyarakatan di kedua negara. Beliau juga menjelaskan profil Lapas Narkotika Jakarta, termasuk prestasi yang telah diraih di bawah kepemimpinan Kalapas Fonika Affandi, Lapas Narkotika Jakarta menjadi UPT Pemasyarakatan terbaik di Lingkungan Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, dibuktikan dengan diraihnya penghargaan dari BNN RI atas kontribusi signifikan Lapas Narkotika Jakarta dalam mendukung Pencegahan dan Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GN).

Baca Juga   Info Terbaru SKCK, Sangat Penting, Bagi Warga RI yang Ingin Membuatnya

“Lapas Narkotika Jakarta berkomitmen untuk memberikan pembinaan yang optimal kepada narapidana, tidak hanya dalam hal permasyarakatan, tetapi juga dalam hal pemulihan mental dan spiritual mereka,” jelas R. Andika Dwi Prasetya.

Selanjutnya, Sekretaris Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Supriyanto, memaparkan kondisi terkini sistem pemasyarakatan di Indonesia. Beliau menyampaikan berbagai program dan inovasi yang telah diterapkan untuk meningkatkan kualitas pembinaan narapidana.

“Kami terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pembinaan narapidana agar mereka dapat kembali menjadi anggota masyarakat yang produktif dan berguna,” ujar Supriyanto.

Baca Juga   Dampak Kenaikan Suhu Permukaan Bumi Tembus 2° Celsius PLTA Harus Waspada

Kunjungan Delegasi Thailand ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk saling bertukar informasi dan pengalaman dalam pengelolaan lembaga pemasyarakatan. Selain itu, diharapkan kunjungan ini juga dapat memperkuat kerjasama antar kedua negara dalam bidang pemasyarakatan.

Acara dilanjutkan dengan:

Tur keliling Lapas Narkotika Jakarta untuk melihat secara langsung berbagai fasilitas dan aktivitas pembinaan narapidana.

Diskusi dan tanya jawab antara Delegasi Thailand dan jajaran Lapas Narkotika Jakarta.

Penyerahan cinderamata sebagai tanda kenangan.

Kunjungan diakhiri dengan rasa hormat dan persahabatan yang tinggi antara kedua pihak. Diharapkan kerjasama antar lembaga pemasyarakatan di kedua negara dapat terus terjalin dan semakin erat di masa depan.(Rvn)

Share :

Baca Juga

Nasional

Rutan Kelas I Jakpus Komitmen Berikan Pelayanan Publik Humanis Berbasis Hak Asasi Manusia

Nasional

Vihara Hemadhiro Mettavati dan Yayasan Setia Bhakti Lestari Gelar Pengobatan Gratis untuk Masyarakat

Nasional

Avene produk Kecantikan yang Direkomendasikan oleh Dokter Kulit di Seluruh Dunia

Nasional

HANI 2024, Lapas Narkotika Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Mendapatkan Penghargaan dari BNN RI

Nasional

Perayaan Waisak 2568 BE/2024 di Vihara Hemadhiro Mettavati

Nasional

Asosiasi APGI Dapat Penghargaan di Pameran Indonesia Sustainable Procurement Expo (ISPE) 2024

Nasional

Jumat Sehat, Senyum Semangat : Kegiatan Rutin Jaga Kesehatan dan Kebugaran Warga Binaan

Nasional

Rutan Kelas I Jakarta Pusat Sepakati Komitmen Bersama Suku Dinas Kesehatan Dalam GERMAS